oleh

Acara Tradisi Adat, Maccera Tappareng dan Balap Perahu di Marioriawa

JURNALTIME.com, SOPPENG– Warga nelayan melaksanakan tradisi acara Maccera Tappareng dirangkaikan dengan balap perahu di perkampungan Anitue Kelurahan Kaca Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng Sabtu, 13/10/18.


Tomatoa Pakkaja (ketua adat Nelayan) Attase, bahwa, Acara tradisi masyarakat Kelurahan Kaca dilaksanakan tiap tahunnya. Selama dua hari untuk hari pertama  pemotongan kerbau dan kambing, pelaksanaan ritual Meccera Tappareng dan keesokan harinya dilaksanakan perlombaan balap perahu.


“Acara tradisi ini dilaksanakan karena rasa syukur kepada Allah SWT. Dengan berlimpahnya ikan yang didapat dari Danau Tempe wilayah Soppeng”,ungkapnya


Matoa Pakkaja Attase juga sampaikan bahwa tidak ada aktifitas penangkapan ikan selama 3 hari, mulai malam Senin, Selasa dan rabu, tanggal 15 sampai 17/10/18.


“Dan tiap malam Jumat nelayan dilarang turun di danau mencari ikan serta tidak boleh memakai 2 alat tangkap ikan secara bersamaan”, tegasnya.


Apabila ada nelayan yang melakukan pelanggaran akan didenda dengan peraturan adat Tomatoa pakkaja, seperti beras Ketang 40 liter, telur 40 butir, pisang 40 sisir.(m.yu)

Jurnal Satu

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed